stats counter free 5+ Komponen Jaringan WAN Yang Perlu Kalian Ketahuin - Blogpongo
Endang Saya adalah lulusan SMK yang punya hobi dengan dunia Jurnalistik, Teknologi, Travel dan saya tulis semuanya di blog ini.

5+ Komponen Jaringan WAN Yang Perlu Kalian Ketahuin

3 min read

5+ Komponen Jaringan WAN

Komponen Jaringan Wan jaringan WAN merupakan salah satu konsep daru implementasi sebuah jaringan komputer, Wan merupakan kepanjagan dari Wide Area Network. WAN merupakan sebuah jaringan komputer yang sifatnya yang luas. jangakauan dari jaringan WAN itu adalah jangkauan antar pulau, propinsi, antar Negara dan juga antar benua.

Wan saat ini juga seringkali disebut dengan salah satu jaringan yang populer, yaitu jaringan internet yang memiliki cakupan yang lebih luas. Jaringan wan sering kali di manfaatkan sebagai internet untuk mengkoneksikan komputer dengan perangkat lainnya agar dapat terhubung ke internet dan terhubung ke komputer lainya didunia.

Meski masih banyak jenis-jenis jaringan komputer yang ada saat ini, namun jaringan WAN  lebih sering di gunakan dan di terapkan pada suatu jaringan komputer  dengan ukuran sekala yang lebih besar. Maka tidak heran jika jaringan WAN lebih banyak diterapkan.

Baca Juga: Situs referensi teknologi terkini anti kudet Naktekno

Mungkin untuk pengertian serta detail dari jaringan wan ini kalian sudah paham,namun untuk komponen apa saja yang digunakan pada jaringan wan saya yakin kalian tidak sepenuhnya tau. Untuk itu saya akan sedikit berbagi mengenai pemahaman saya tentang artikel komponen jaringan Wan yaitu sebagai berikut:

Komponen Jaringan WAN

  Setiap jaringan pasti memiliki komponen komponen didalam nya agar dapat membentuk sebuah jaringan lebih yang komplek,tak hanya LAN,MAN dan PAN saja yang memiliki komponen jaringan WAN pun memiliki kompenen berikut detailnya.

1. CO (Central Office)

CO adalah bagian pusat yang mengendalikan dan mengatur perangkat perangkat pada jaringan komouter agar dapat bekerja dengan baik. Co juga merupakan Pusat pensaklaran yang dimana hubungan diantara beberapa saluran pelanggan dibuat. Contoh sederhana dari Co adalah ISP selaku penyedia jaringan pusat.

2. CPE (Costumer Provided Equipment) 

CPE merupakan peralatan networking seperti workstation, router, POTS splitter, dan lain sebagainya yang dipasangkan pada pelanggan dan terhubung langsung dengan peralatan networking seperti jasa telekomunikasi. Namun peralatan pelanggan disini terpisah dengan peralatan perusahaan telekomunikasi tersebut.

Beberapa Contoh CPE yang dimiliki oleh setiap pelanggan adalah router,modem dan Switch. CPE juga mengacu pada perangkat yang dapat menerjemahkan data agar dapat dikenal oleh jaringan WAN, seperti: , MPLS ,  Frame-Relay dan lain sebagainya.

3. DCE (data circuit terminating equipment) 

DCE adalah suatu piranti yang biasanya berupa router pada sisi ISP yang berkomunikasi langsung dengan DTE dan juga WAN Cloud. DCE ini merupakan piranti yang memasok clocking yaitu denyut sinyal sinkronisasi kepada piranti DTE. modem  CSU atau DSU disisi pelanggan bisa di implementasi kan sebagai DCE . DTE dan DCE bisa saja berupa sebuah piranti yang serupa dengan router akan tetapi mempunyai peran dan fungsi yang sangat berbeda.


4. DTE (Data terminal equipment)

DTE merupakan sebuah piranti disisi jaringan WAN yang berada pada sisi pelanggan (biasanya berada pada gedung atau rumah pelanggan) yang fungsinya mengirim dan menerima data. DTE biasanya berupa router jaringan atau juga bisa saja berupa komputer atau multiplexer yang merupakan tanda marka antara jaringan WAN dan jaringan LAN.

DTE ini merupakan piranti yang akan saling berkomunikasi dengan piranti DCE disisi ujung lainnya pada jaringan wan. DTE (Data Terminal Equipment) adalah sirkuit akhir yang dapat mengubah informasi pengguna menjadi sebuah sinyal. Perangkat terminal data, biasanya sangat mengacu pada jaringan komputer yang kalian gunakan dengan sebuah modem. DTE berfungsi sebagai sumber data dan komunikasi data.

5. CSU Dan DSU

CSU adalah chanel service unit sedangkan DSU adalah data service unit keduanya sama saja, Yang merupakan perangkat digital interface yang digunakan sebagai penghubung antara perangkat DTE seperti sebuah Router ke jalur digital.

CSU dan DSU bekerja pada lapisan 1 yaitu  lapisan fisik dari model OSI. CSU berbeda sedikit dengan DSU. DSU adalah bagian dari kartu antar muka yang dimasukkan ke dalam DTE.

6. Local Loops

perpanjangan kabel line telpon dari Demarc menuju beberapa kantor pusat Telco yang mana nantinya pemeliharaannya dilakukan oleh pihak Telco, dan bukan tidak akan menjadi tanggung jawab pelanggan ataupun operator. Kabel dari local loops ini bisa berupa kabel UTP, fiber optic atau gabungan dari keduanya.

Loop Local adalah sebuah sirkuit atau jalur yang menghubungkan antara demarc dengan Central Office. Loop local juga dapat menghentikan sebuah alur yang dimiliki oleh CLEC (Competitif Local Exchange Carrier), dan akan ditempatkan kedalam sebuah POP yang merupakan bagian dari salah satu komponen CO.

7. Demarc 

Demarc atau biasa disebut oleh masyarakat umum adalah sebagai titik interface jaringan yang dimana kabel sebuah perusahaan telpon terhubung dengan langsung dengan rumah pelanggan, Demarc merupakan batas pemisah antar komponen CPE dan CO.

Secara fisik demarcation point adalah kotak yang berisi sebuah kabel, yang berlokasikan di CPE yang mengubungkan langsung kabel CPE ke local loops. Demarcation point biasanya diletakkan pada tempat dimana seorang teknisi mudah untuk mengaksesnya. Sehingga akan sangat mudah diketahui jika pada suatu saat terjadi kerusakan.

8. Wan Cloud

Wan Cloud adakah hirarchi Trunk, Switches, dan CO yang membentuk sebuah jaringan telephone lines. Struktur fisiknya sangat bervariasi. Secara singkatnya wan cloud membawa data masuk melalui jaringan telpon, menjelajah seluruh line telpon, dan tiba pada tepat alamat tujuannya.

9. PSE  ( Paket Switching Exchange )

Yang terakhir komponen jaringan wan yaitu PSE adalah suatu Switch pada sebuah jaringan carrier packet switched. PSE ini merupakan titik-titik penghubung antara WAN cloud.

Nah diatas itulah kompone-komponen yang ada pada jaringan wan secara keseluruhan masih banyak lagi komponen yang digunakan pada jaringan wan,namun komponen diatas merupakan komponen yang paling utama. Semoga Bermanfaat. – blogpongo.com

0 Shares
Endang Saya adalah lulusan SMK yang punya hobi dengan dunia Jurnalistik, Teknologi, Travel dan saya tulis semuanya di blog ini.
Panduan seputar Blogging, Adsense, SEO, Template Dan Tips & Trik Blog KangBlogger